Sunday

BAGI PEMILIK PERUSAHAAN


Kelihatan konsep kekekalan itu tidak lazim, menggelikan dan tidak membumi. Apa memungkinkan menerapkan konsep kekekalan dalam perusahaan?

Pertanyaan bagus. Setiap perusahaan didirikan untuk jangka waktu tidak tertentu. Artinya selama mungkin. Saya belum pernah menemukan pemilik usaha mendirikan perusahaan hanya untuk jangka pendek. Semua menginginkan perusahaannya bisa maju pesat, berlangsung terus dan kalau sudah waktunya, pendiri itu meninggal, perusahaan tersebut akan diwariskan kepada penerusnya. Intinya, perusahaan didirikan untuk jangka waktu melebihi umur para pendiri itu sendiri. Organisasi yang paling tua adalah Gereja Katolik. Mereka sudah berumur hampir 2000 tahun. Organisasi ini menerapkan prinsip kekekalan.

Bukankan dalam dunia bisnis sudah banyak konsep bisnis dan manajemen yang digunakan dan cukup berhasil. Mengapa harus menggunakan konsep kekekalan dari Trinity Consulting?

Dalam dunia manajemen dan bisnis ada seorang tokoh yang sangat berpengaruh dan disegani, sehingga dijuluki The Father of Management. Ya, beliau adalah Peter F. Drucker


The Father of Management; Mr. Peter Ferdinand Drucker
Mr. Drucker sudah mempengaruhi dan membimbing banyak sekali tokoh hebat di dunia, mulai dari Jack Welch, mantan pimpinan General Electric (GE). Andrew Groove pimpinan Intel. Soichiro Toyoda dari Toyota. Taipan dari Jepang, Masatoshi Ito. Tom Peters, James C. Collins konsultan dan ahli manajemen kelas dunia. Rick Warren, pendiri Saddleback Church dan pendeta Presiden Amerika Serikat Obama. Karyanya buku The Purpose Driven Church dan The Purpose Driven Life sudah terjual sebanyak lebih dari 40 juta copy serta mempengaruhi jutaan pemimpin rohani lainnya. Masih banyak tokoh berpengaruh lainnya yang dipengaruhi Peter Drucker. 

Mr Drucker tentu memiliki seorang yang hebat yang mempengaruhi beliau. Siapa dia? Søren Aabye Kierkegaard. Seorang Filsuf dan Teolog Kristen. Kita tidak membicarakan Teologi disini. Tapi konsep Etika Kristen dan Kelembagaan Gereja dari Kierkegaard yang begitu mempengaruhi Drucker, jelas berasal dari pengaruh Alkitab. Siapa yang menulis Alkitab? Anda sudah tahu jawabannya. 

Produk arloji terbaik di dunia (Rolex, Patek Phillipe, Vacheron Constantin) dihasilkan di negara Swiss oleh para pekerja yang memegang filosofi kaum Kristen Reformis Huegenots yang berimigrasi dari Perancis. Mereka berprinsip hanya akan melakukan karya terbaik seperti untuk Tuhan (Kolose 3:23). 

Jadi prinsip surgawi bisa membuat bisnis berada pada jalur yang benar. Prinsip dan proses yang benar akan memberikan hasil yang terbaik (excellent). Hasil terlihat dalam bentuk produk terbaik, pelayanan terbaik dan harga yang pantas sesuai kebutuhan dan keinginan pelanggan. Konsep kekekalan adalah konsep paradigma/sudut pandang menyeluruh (Holistik).


Cukup menarik, tapi masih belum jelas. Apa bisa Anda jelaskan lebih detail?

Silahkan hubungi Stephanus Tedy melalui e-mail: tntyconsulting-at-stephanustedy.com untuk informasi lebih lanjut.

About Stephanus Tedy

About Stephanus Tedy

Visitor Counter

Copyright © 2004-2024