Monday

9 Hal yang Dilakukan Orang Sukses dengan Cara yang Berbeda

 



“It's not who I am underneath, but what I do that defines me.”
– Batman in Batman Begins (2005) movie.




MENGAPA ANDA BERHASIL dalam mencapai beberapa tujuan Anda, tetapi tidak untuk tujuan yang lain? Jika Anda tidak yakin, banyak juga orang seperti Anda: kebingungan. Bahkan orang yang brilian dan sangat berprestasi pun, ternyata ditemukan cukup buruk ketika harus memahami mengapa mereka berhasil atau gagal. Jawaban intuitif — bahwa Anda lahir dengan predisposisi tertentu terhadap bakat tertentu dan kekurangan bakat di bidang lain — sebenarnya hanyalah bagian kecil dari teka-teki tersebut. Bahkan, puluhan tahun penelitian tentang pencapaian menunjukkan bahwa orang-orang sukses mencapai tujuan mereka bukan hanya karena siapa mereka, tetapi lebih sering karena apa yang mereka lakukan.


1. Jadilah Spesifik

Ketika Anda menetapkan tujuan untuk diri sendiri, cobalah untuk menjadi sejelas mungkin. "Kurangi berat badan 3 kilogram" adalah tujuan yang lebih baik daripada hanya "mengurangi berat badan," karena memberikan gambaran yang jelas tentang seperti apa kesuksesan itu. Mengetahui dengan tepat apa yang ingin Anda capai membuat Anda termotivasi hingga Anda dapat mencapainya. Selain itu, pikirkan tentang tindakan-tindakan khusus yang perlu dilakukan untuk mencapai tujuan Anda. Hanya berjanji untuk "makan lebih sedikit" atau "tidur lebih banyak" terlalu samar — jadilah jelas dan tepat. Pernyataan "Saya akan tidur pukul 10 malam di hari Senin sampai Jum’at" tidak meninggalkan ruang untuk keraguan tentang apa yang perlu Anda lakukan, dan apakah Anda benar-benar melakukannya.

2. Manfaatkan Kesempatan untuk Bertindak atas Tujuan Anda

Mengingat betapa sibuknya sebagian besar dari kita, dan betapa banyak tujuan yang harus kita lakukan sekaligus, tidak mengherankan bahwa secara rutin kita melewatkan kesempatan untuk bertindak untuk mencapai suatu tujuan karena kita hanya gagal memperhatikannya. Apakah Anda benar-benar tidak punya waktu untuk berolahraga hari ini? Apakah Anda benar-benar tidak ada kesempatan sama sekali untuk menelepon balik? Mencapai tujuan Anda berarti menangkap kesempatan-kesempatan ini sebelum mereka lolos dari jari Anda.

Untuk memanfaatkan momen, sebelumnya putuskan kapan dan di mana Anda akan melakukan setiap tindakan yang ingin Anda lakukan. Sekali-lagi, sejelas mungkin (misalnya, "Jika hari Senin, Rabu, atau Jumat, saya akan berolahraga selama 30 menit sebelum bekerja."). Studi menunjukkan bahwa perencanaan semacam ini akan membantu otak Anda mendeteksi dan menangkap peluang ketika muncul, meningkatkan peluang kesuksesan Anda sekitar 300 persen.

3. Ketahui Persis Seberapa Jauh Anda Masih Harus Berjalan

Mencapai setiap tujuan juga memerlukan pemantauan kemajuan Anda yang jujur dan teratur — jika tidak oleh orang lain, maka oleh diri Anda sendiri. Jika Anda tidak tahu seberapa baik Anda berprestasi, Anda tidak bisa menyesuaikan perilaku atau strategi Anda sesuai kebutuhan. Periksa kemajuan Anda secara teratur — mingguan, atau bahkan harian, tergantung pada tujuan tersebut.

4. Jadilah Optimis Realistis

Ketika Anda menetapkan sebuah tujuan, berilah banyak pikiran positif tentang seberapa mungkin Anda akan mencapainya. Percaya pada kemampuan Anda untuk berhasil sangat membantu dalam menciptakan dan mempertahankan motivasi Anda. Tetapi apapun yang Anda lakukan, jangan meremehkan seberapa sulitnya mencapai tujuan Anda. Kebanyakan tujuan yang layak dicapai membutuhkan waktu, perencanaan, usaha, dan ketekunan. Studi menunjukkan bahwa berpikir bahwa segala sesuatu akan datang kepada Anda dengan mudah dan tanpa usaha membuat Anda tidak siap menghadapi perjalanan yang akan datang, dan secara signifikan meningkatkan kemungkinan kegagalan.

5. Fokus pada Peningkatan yang Lebih Baik (Better), Lebih Daripada Sekadar Menjadi Baik (Good)

Percaya bahwa Anda memiliki kemampuan untuk mencapai tujuan Anda penting, tetapi begitu juga percaya bahwa Anda bisa mendapatkan kemampuan tersebut. Banyak dari kita percaya bahwa kecerdasan kita, kepribadian kita, dan kemampuan fisik kita tetap — bahwa tidak peduli apa yang kita lakukan, kita tidak akan membaik. Akibatnya, kita fokus pada tujuan yang semua tentang membuktikan diri, daripada mengembangkan dan memperoleh keterampilan baru.

Untungnya, puluhan tahun penelitian menyarankan bahwa kepercayaan pada kemampuan yang tetap adalah sepenuhnya salah — kemampuan dari semua jenis sangatlah lentur. Menerima kenyataan bahwa Anda bisa berubah akan memungkinkan Anda membuat pilihan yang lebih baik, dan mencapai potensi penuh Anda. Orang-orang yang tujuannya adalah untuk menjadi lebih baik, daripada tentang menjadi baik, menghadapi kesulitan dengan mudah dan menghargai perjalanan sama banyaknya dengan tujuan akhir.

6. Miliki Semangat Gigih

Semangat Gigih adalah kemauan untuk berkomitmen pada tujuan jangka panjang dan untuk bertahan di tengah kesulitan. Studi menunjukkan bahwa orang-orang yang bersemangat mendapatkan lebih banyak pendidikan seumur hidup mereka dan mendapatkan nilai GPA yang lebih tinggi di perguruan tinggi. Semangat giigh ini juga dapat memprediksi calon siswa mana yang akan bertahan di tahun pertama yang melelahkan di Akademi Angkatan Darat.

Berita baiknya adalah, jika Anda tidak terlalu bersemangat sekarang, ada sesuatu yang bisa Anda lakukan. Orang-orang yang kekurangan semangat lebih sering daripada tidak percaya bahwa mereka hanya tidak memiliki kemampuan bawaan yang dimiliki orang sukses. Jika itu menggambarkan pemikiran Anda sendiri . . . baik, tidak ada cara untuk mengatakannya dengan baik: Anda salah. Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, usaha, perencanaan, ketekunan, dan strategi yang baik adalah apa yang benar-benar diperlukan untuk berhasil. Menerima pengetahuan ini tidak hanya akan membantu Anda melihat diri Anda dan tujuan Anda lebih akurat, tetapi juga akan membantu sekali untuk semangat gigih Anda.

7. Bangun Otot Kemauan Anda

"Otot" kontrol diri Anda sama seperti otot lain di tubuh Anda — ketika tidak mendapatkan banyak latihan, itu menjadi lemah dari waktu ke waktu. Tetapi ketika Anda memberinya latihan teratur dengan memanfaatkannya secara baik, itu akan tumbuh lebih kuat dan lebih kuat, dan lebih mampu membantu Anda mencapai tujuan Anda dengan sukses.

Untuk membangun kemauan, hadapi tantangan yang mengharuskan Anda melakukan sesuatu yang sejujurnya tidak ingin Anda lakukan. Berhenti makan camilan tinggi lemak, lakukan 100 sit-up sehari, berdiri tegak ketika Anda menemukan diri Anda membungkuk, cobalah untuk mempelajari keterampilan baru. Ketika Anda merasa ingin menyerah, menyerah, atau hanya tidak peduli — jangan. Mulai dengan hanya satu kegiatan, dan buatlah rencana untuk bagaimana Anda akan menangani masalah ketika terjadi ("Jika saya ingin camilan, saya akan makan satu potong buah segar atau tiga potong buah kering."). Akan sulit di awal, tetapi akan menjadi lebih mudah, dan itulah tujuannya. Saat kekuatan Anda bertambah, Anda dapat menghadapi lebih banyak tantangan dan meningkatkan latihan kontrol diri Anda.

8. Jangan Bergantung pada Nasib

Tidak peduli seberapa kuat otot kemauan Anda menjadi, penting untuk selalu menghormati fakta bahwa itu terbatas, dan jika Anda terlalu memaksanya, Anda akan sementara kehabisan tenaga. Jangan mencoba mengambil dua tugas yang menantang sekaligus, jika Anda bisa menghindarinya (seperti berhenti merokok dan diet pada saat yang sama). Dan jangan menempatkan diri Anda dalam bahaya — banyak orang terlalu percaya diri dalam kemampuannya untuk menahan godaan, dan sebagai hasilnya mereka menempatkan diri mereka dalam situasi di mana godaan melimpah. Orang sukses tahu untuk tidak membuat mencapai tujuan lebih sulit dari yang sudah ada.

9. Fokus pada Apa yang Akan Anda Lakukan, Bukan Apa yang Tidak Akan Anda Lakukan

Apakah Anda ingin berhasil menurunkan berat badan, berhenti merokok, atau menahan temperamen buruk Anda? Maka rencanakan bagaimana Anda akan menggantikan kebiasaan buruk dengan kebiasaan baik, daripada hanya fokus pada kebiasaan buruk itu sendiri. Penelitian tentang penekanan pikiran (misalnya, "Jangan berpikir tentang beruang putih!") telah menunjukkan bahwa mencoba menghindari sebuah pemikiran membuatnya lebih aktif dalam pikiran Anda. Hal yang sama berlaku ketika berbicara tentang perilaku — dengan mencoba untuk tidak terlibat dalam kebiasaan buruk, kebiasaan kita justru diperkuat daripada rusak.

Jika Anda ingin mengubah kebiasaan Anda, tanyakan pada diri Anda sendiri, Apa yang akan saya lakukan sebagai gantinya? Misalnya, jika Anda mencoba mendapatkan kontrol atas kemarahan Anda dan berhenti meluapkan kemarahan, Anda mungkin membuat rencana seperti "Jika saya mulai merasa marah, maka saya akan mengambil tiga napas dalam-dalam untuk menenangkan diri." Dengan menggunakan napas dalam sebagai pengganti dari menyerah pada kemarahan Anda, kebiasaan buruk Anda akan terkikis seiring waktu hingga akhirnya menghilang sama sekali.

Semoga setelah membaca tentang sembilan hal yang dilakukan orang sukses dengan berbeda, Anda telah mendapatkan wawasan tentang semua hal yang telah Anda lakukan dengan benar sepanjang waktu. Lebih penting lagi, saya harap Anda dapat mengidentifikasi kesalahan yang telah menghentikan Anda, dan menggunakan pengetahuan itu untuk keuntungan Anda mulai sekarang. Ingat, Anda tidak perlu menjadi orang yang berbeda untuk menjadi orang yang lebih sukses. Tidak pernah tentang siapa Anda, tetapi tentang apa yang Anda lakukan.

 



 

Source: Heidi Grant Halvorson, PhD, is a social psychologist and Associate Director of the Motivation Science Center at Columbia Business School. Article on HBR’s 10 Must Read on High Perfomance, Harvard Business School Publishing Corp., Boston, Massachusetts, 2022.

About Stephanus Tedy

About Stephanus Tedy

Visitor Counter

Copyright © 2004-2024