Monday

MEMAKSIMALKAN POTENSI


Source: http://magnuscarlsen.com/

Tahun 1990-an seorang Grandmaster Super memiliki elo rating sekitar 2600. Juara Dunia sekitar 2700. Batas itu ditembus Juara Dunia Catur Klasik Garry Kasparov bulan Juli 1999 dgn rating 2851. Rekor ini bertahan sampai 9 Desember 2012 kemarin, dengan rating 2864; rating tertinggi yg dicapai oleh manusia. Pemecah rekor ini adalah seorang anak muda dari Norwegia yg bernama Magnus Carlsen (22 thn).
Berikut video permainan persahabatan 1 menit melawan master dari Jerman Hans Bohm:
http://www.youtube.com/watch?v=3nYwTWycVSM

Saya melihat kerja keras, keuletan, fokus, konsistensi dan daya tahan serta tindakan memaksimalkan potensi yang bisa dicapai seorang manusia. Bertolakbelakang dengan Tiger Woods, hidup Magnus Carlsen relatif bersih dan memang untuk mencapai rekor tertinggi hidup seorang pecatur harus bersih. Ia rajin berolahraga dan menjauhi rokok, minuman keras, narkoba dan free seks.

Semoga Magnus bisa terus mempertahankan hidupnya yang bersih dan terus meningkatkan prestasinya hingga menembus batas rating 2900. Supaya Magnus terus menjadi contoh dan menjadi inspirasi bagi seluruh anak muda di seluruh dunia. Congrats … Magnus !

Note:
• Grandmaster: gelar tertinggi pecatur profesional.
• Super Grandmaster: Elite grandmaster yg (jika ia mau) memungkinkan seorang pecatur hidup mewah dan berkeliling seluruh dunia ; tinggal di hotel berbintang dengan biaya pihak penyelenggara turnamen atau dwitarung.
• Elo rating: angka yang menunjukkan kekuatan seorang pecatur yg dipopulerkan oleh professor of physics at Marquette University in Milwaukee. Prof. Arpad Elo keturunan Astro Hungaria dan tinggal di Wisconsin, USA.

About Stephanus Tedy

About Stephanus Tedy

Visitor Counter

Copyright © 2004-2024