Monday

PAPA, DIMANA ENGKAU ?



Akhir tahun 2002, saya meeting urusan pelayanan dengan orang yang sangat sibuk. Beliau adalah Mr. X. Saking sibuknya, meeting itu sendiri baru mulai pukul  9 malam. Dalam meeting itu, Mr. X sempat menerima telepon dari anak lelakinya yang sedang ikut program penyesuaian kuliah di Amerika. Selesai berbicara singkat dengan putranya, Mr. X berkata: “Waktu dia masih kecil saya hampir tidak punya waktu bermain dengannya karena sibuk mengejar karir. Setelah belasan tahun, karir saya mantap dan bisa mendelegasikan tugas-tugas, dia sudah pergi kuliah ke Amerika. Saya kehilangan sentuhan masa anak-anak dan masa remaja putra saya. Lupa seperti apa wajahnya ketika masih anak-anak dan remaja.”

Kalimat itu membuat saya tercekat. Putra saya sendiri masih berumur 4 tahun saat itu. Sedang lucu-lucunya dan sangat aktif bertanya tentang segala sesuatu. Mulai saat itu, saya berkomitmen ingin melihat dan mengikuti perkembangan putra saya dari anak-anak sampai dewasa. Itulah masa sentuhan emas. Tidak bisa digantikan dengan uang dan apapun. Waktu yang sudah berjalan tidak bisa kembali.

Saya tidak berkata kepada para Ibu; karena secara naluriah seorang Ibu yang baik pasti akan mencurahkan waktu dan perhatian kepada anak-anaknya. Perjuangan dan rasa sakit ketika melahirkan otomatis membuat ikatan batin yang kuat antara Ibu dan anaknya. Bahkan seorang Ibu yang peka bisa merasakan sesuatu yang terjadi pada anaknya walaupun lokasi mereka berjauhan.

Karena itu wahai para Bapa, jika saat ini ada yang jauh dari anakmu, segeralah kembali. Luangkan waktu yang singkat itu untuk berkomunikasi dengan anak-anakmu. Mereka lebih membutuhkan perhatian, waktu, kehadiran dan interaksi denganmu dibandingkan uangmu. Banyak masalah kriminalitas, narkoba, seks bebas, homoseksualitas dan lesbian, bisa dicegah di masa depan dengan hubungan yang baik antara anak-anak dan Bapanya.

Segala sesuatu yang baik dalam masyarakat dimulai dari organisasi terkecil: keluarga. ~ Stephanus Tedy Rozali

About Stephanus Tedy

About Stephanus Tedy

Visitor Counter

Copyright © 2004-2024