Tuesday

SELF-COACHING - Pertanyaan Satu Juta Dollar bagi Para Pemimpin



PERTANYAAN TERPENTING BAGI PARA PEMIMPIN


Jika Anda seorang pemimpin; baik di organisasi bisnis, organisasi nirlaba maupun organisasi rohani, ada satu pertanyaan reflektif (self-coaching) yang sangat kritis yang membuat Anda akan menjadi sangat efektif dan akan membuat Anda moving to the next level.

Hal apakah dimana hanya Anda yang bisa melakukannya dan jika Anda lakukan secara konsisten akan memberikan kontribusi terbesar bagi organisasi yang Anda pimpin ?

  • Analisa situasi yang Anda hadapi.
  • Pikirkan hal yang ingin Anda capai.
  • Buat rencana apa yang harus Anda lakukan.
Bagi pemimpin bisnis mungkin merekrut manajer yang lebih efektif. Atau mengembangkan soft skill tim yang ada. Atau, jika sudah tidak memungkinkan untuk dikembangkan, mengganti tim yang ada dengan tim yang lebih efektif.

Mungkin hal itu adalah mengembangkan produk baru yang banyak diminta oleh pasar. Mungkin merger dengan perusahaan lain. Pikirkan. Diskusikan dengan tim pemimpin Anda. Kalau perlu ajak mereka retret ke tempat yang tenang dan bahaslah hal ini.

Jika Anda seorang Pastor di gereja atau pemimpin organisasi nirlaba, baik jemaat Anda 25 orang, 100 orang, 1,000 orang atau 10,000 orang, hal itu bisa jadi suatu tindakan mengajar. Bisa jadi berupa tindakan mendelegasikan pekerjaan rutin Anda dan fokus pada hal-hal yang sangat efektif jika Anda lakukan dibandingkan mendelegasikannya kepada orang lain.

Memberdayakan. Memimpin. Mendamaikan tim yang saling bersaing. Dan seterusnya. 

Hanya Anda, lingkaran pemimpin Anda dan Tuhan yang tahu soal ini.

Selamat berpikir dan bertindak.



Ted, LV1401

About Stephanus Tedy

About Stephanus Tedy

Visitor Counter

Copyright © 2004-2024