Sunday

SELF-COACHING - Mengelola Diri Sendiri: Pengantar Singkat






Oleh Stephanus Tedy berdasarkan ide dari Peter F. Drucker dalam artikel “Managing One-self

Di zaman social media ini, kita hidup dalam masa kesempatan yang tidak terbatas. Jika memiliki ambisi, dorongan dan cerdas memanfaatkan kesempatan (smart), Anda dapat mencapai puncak dari profesi apapun yang Anda pilih; tanpa memandang di manapun posisi Anda mulai.
Tapi jangan lupa, bersamaan dengan datangnya kesempatan, tanggungjawab juga berdatangan.
Banyak perusahaan dan organisasi sekarang tidak mengelola karir pekerja berpengetahuan (knowledge worker) yang ada dalam organisasi mereka. Jadi, tanggungjawab mengelola itu harus dilakukan oleh para career tracker sendiri dan bersikap sebagai Chief Executive Officer bagi dirinya sendiri.
Anda memiliki kesempatan membentuk karir Anda sendiri dalam dunia kerja dan pelayanan serta mampu membaca angin perubahan yang terjadi dan melakukan penyesuaian. Ditinjau dari paradigma kekekalan, merupakan tanggungjawab Anda untuk terus berjuang dan tetap produktif dalam 50 tahun usia kerja sampai ajal menjemput Anda.
Untuk melakukan semua ini dengan baik, Anda harus memahami diri Anda sendiri dengan sangat baik dan mendalam. Pertanyaan self-coaching berikut akan membuat diri Anda melihat diri sendiri dengan lebih jelas:
  • Apakah yang menjadi kekuatan-kekuatan utama dan kelemahan yang paling berbahaya yang Anda miliki?
  •  Sama pentingnya dengan: bagaimana Anda belajar dan bekerjasama dengan orang lain?
  • Apa yang menjadi nilai intrinsik Anda yang paling mendalam dan sangat Anda hargai?
  • Dalam lingkungan kerja seperti apa Anda dapat memberikan kontribusi yang terbaik?
Implikasinya jelas: hanya ketika Anda bertolak dari kombinasi terbaik dan pengenalan diri yang sejati barulah Anda dapat mencapai keunggulan yang sejati dan bertahan dalam kekekalan.


LV, 10022014

About Stephanus Tedy

About Stephanus Tedy

Visitor Counter

Copyright © 2004-2024